Madya Praja IPDN Praktek Lapangan di Ketapang

IPDN
Bupati Ketapang bersama pihak IPDN Kalbar.

KETAPANGNEWS.COM – Bupati Ketapang memberikan apresiasi kepada pihak IPDN Kampus Kalbar yang mempercayakan dan menunjuk Kabupaten Ketapang sebagai salah satu tempat praktik lapangan madya Praja IPDN.

Pembukaan praktik lapangan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Ketapang, yang dihadiri juga Wakil Bupati Ketapang, PJ Sekda dan pejabat yang mewakili Direktur IPDN Kampus Kalbar.

Didepan para praja IPDN, Bupati Ketapang menjelaskan profil Kabupaten Ketapang. Mulai dari luas wilayah, jumlah kecamatan, jumlah penduduk, maupun mata pencaharian masyarakat. Demikian juga kebijakan pemerintah Kabupaten Ketapang, dimana mulai tahun 2018 mulai menerapkan system pelayanan terpadu kecamatan (PATEN).

Menurut Bupati Ketapang, Martin Rantan, Pemerintah Kabupaten Ketapang terus berupaya mensosialisasikan system pelayanan terpadu kecamatan dengan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih dekat dengan masyarakat.

“Ini sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Bupati Ketapang Martin Rantan SH ketika pembukaan praktik Lapangan II Bagi satuan Madya Praja IPDN Kampus Kalbar di Aula Kantor Bupati Ketapang, Senin (16/4).

Bupati menyebutkan bahwa kegiatan praktek lapangan merupakan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu, dengan dilaksanakannya kegiatan praktek lapangan yang diikuti oleh madya praja merupakan ajang untuk belajar sekaligus mengenal tugas dan pengabdian yang akan dihadapi kelak.

Para madya praja akan melaksanakan praktek lapangan di kecamatan, kelurahan dan desa yang telah ditetapkan. Apabila dikaitkan dengan visi pemerintah Kabupaten Ketapang yaitu“ Ketapang yang maju menuju
masyarakat sejahtera”. Dimana, Pemerintah Kabupaten Ketapang memiliki misi”, diantaranya: pertama, melaksanakan kepemerintahan yang baik. Kedua, meningkatkan infrastruktur daerah. Ketga, meningkatkan
perekonomian masyarakat. Keempat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kelima, pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa. Keenam, meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam di
Kabupaten Ketapang. Madya Praja dapat ikut ambil bagian dalam melaksanakan pemerintahan yang baik ditingkat kecamatan,kelurahan dan desa.

“Atas nama Pemerintah Kabupeten Ketapang saya mengucapkan terima kasih kepada pihak IPDN Kampus Kalbar Prof Dr H Murtir Jeddawi, SH S Sos, MSi beserta jajaran yang telah mempercayakan dan menunjuk Kabupaten Ketapang sebagai tempat praktek lapangan Madya Praja IPDN Kampus Kalbar,” ucap sosok yang jkuga Ketua DPD Partai Golkar Ketapang ini.

Tentunya ini merupakan suatu penghargaan bagi pemerintah daerah Kabupaten Ketapang dalam rangka sebagai tempat latihan para madya praja IPDN dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Mantan anggota DPRD Kalbar ini berharap kehadiran madya praja IPDN dapat diterima dengan baik di lingkungan kecamatan, kelurahan dan desa mereka ditempatkan. Dimana, mereka akan melakukan praktek lapangan dalam waktu sebulan kedepan.

IPDN
Madya Praja IPDN berpoto bersama.

Kehadiran Madya Praja IPDNdiharapkan dapat mengimplementasikan ilmu dan inovasi yang telah dipelajari selama menempuh pendidikan di IPDN sehingga membantu pemeritntah Kabupaten Ketapang dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Madya Praja sebagai calon ASN dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia harus mampu menjadi agen perubahan, perekat dan pemersatu bangsa yang mampu beradaptasi dengan kultur dan budaya masyakarakat Kabupten Ketapang sehingga diharapkan mampu menjadi pemersatu ditengah massyarakat yang beragam menularkan semangat persatuan bahwa saling menghargai perbedaan ras, suku dan agama serta golongan dengan wawasan kebangsaan yang dimiliki dan dapat memberikan contoh bagaimana revolusi mental diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tercipta karakter bangsa yang cinta tanah air, saling menghargai dalam keberagaman dan semangat persatuan dalam NKRI dapat menjadi kebiasaan dalam masyarakat.

“Besar harapan kami kepada madya praja IPDN untuk dapat bersinergi dengan seluruh komponen pemerintah Kabupaten Ketapang, Kecamatan, dan Kelurahan dan desa untuk memberikan pelayanan dibidang pemerintahan
yang menjadi tempat praktek lapangan serta dapat bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat,” tutur Bupati Ketapang.

Ia juga berpesan kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa beserta jajaran yang menjadi lokasi praktek lapangan praja agar dapat membantu membimbing kegiatan praktek lapangan sehingga dapat berjalan dengan baik selama sebulan kedepan.

Bupati berharap kehadiran Madya Praja IPDN dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarkat yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap saudara para calon pemimpin bangsa untuk terus berkarya memberikan pelayanan prima serta meningkatkan kinerja pemerintah,” tuntasnya.(adv/jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.