Kepengurusan Majelis Perempuan Melayu Ketapang Dikukuhkan

Hairiah: Jalin Kerjasama Tingkatkan Kualitas Perempuan

FOTO BERSAMA
Poto bersama usai pengukuhan MPM .

KETAPANGNEWS.COM– Pelantikan dan Pengukuhan Kepengurusan Majelis Perempuan Melayu (MPM) Kabupaten Ketapang masa khidmat 2018-2022 dilaksanakan di Gedung Pancasila, Minggu malam, 8 April 2018.

Pelantikan dan pengukuhan langsung dilakukan Ketua Umum DPP Majelis Perempuan Melayu Kalimantan Barat, Hj Hairiah SH MH didampingi Bupati Ketapang, Martin Rantan SH. Para pengurus yang dilantik diketahui sebanyak 92 orang, dengan Ketua DPD Majelis Perempuan Melayu Kabupaten Ketapang adalah Hj.Suryati S.Pd.I. Pelantikan dan pengukuhan DPD Perempuan Melayu Kabupaten Ketapang dihadiri juga penasehat DPD MPM Ketapang dan DPP MPM.Kalimantan Barat, yaitu, Hj. Suma Jenny Heryanti SH, MH yang juga Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat.

Pengukuhan DPD MPM Kabupaten Ketapang ini dihadiri juga sejumlah tokoh seperti H.Irvan Massad yang juga anggota DPRD Propinsi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, Budi Mateus, Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP, M.Si yang juga ketua Harian MABM Kabupaten
Ketapang. Demikian Forkompimda Ketapang, tokoh agama, tokoh
masyarakat, tokoh organisasi etnis maupun tokoh dari organisasi
perempuan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Ketua umum DPD Majelis Perempuan Melayu Kabupaten Ketapang, Hj.Suryati S.Pd.i menuturkan pentingnya keberadaan perempuan dalam kehidupan. Ia mengutip salah satu hadist Rasulullah SAW, dimana menempatkan pentingnya posisi perempuan. Maksud hadist yang dikutipnya, menyebutkan bahwa Kaum prempuan itu adalah tiang suatu negara. Kalau kaum perempuan baik, maka baiknya suatu negara. Akan tetapi, jika perempuannya jelek, maka akan jeleklah kondisi sebuah negara.

Strategisnya posisi perempuan, maka Ketua DPD MPM Kabupaten Ketapang mengajak kita semua bersama-sama menggerakkan dan memberdayakan wanita sesuai dengan profesinya masing-masing. Dengan adanya DPD MPM
Ketapang, ia berharap semua kepengurusan dapat menjalankan organisasi sesuai dengan AD/RT, khususnya untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Melayu. “Kami dari Majelis Perempuan Melayu Kabupaten Ketapang berusaha untuk membentuk kepengurusan Perempuan Melayu sampai ke tingkat Kecamatan dan desa, karena itu kami minta dukungan,” kata Ketua DPD Majelis Perempuan Melayu Kabupaten Ketapang.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Majelis Perempuan Melayu Kalimantan Barat menngucapkan selamat kepada pengurus DPD MPM Kabupatern Ketapang. Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ketapang dan jajaran Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalbar, Ketua DPRD Kalbar, Ketua Harian MABM Ketapang. Pelantikan dan pengukuhan DPD MPM Kabupaten Ketapang dikatakannya sangat luar biasa yang dihadiri juga pengurus DAD kabupaten Ketapang, MABM, MABT, IKBM, Paguyiban Jawa dan lain-lain.

“Pelantikan DPD Majelis Perempuan Melayu Kabupaten ketapang adalah pelantikan yang ke 10, insya Allah dari 14 Kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Barat, nanti akan semua terbentuk pengurus Majelis Perempuan Melayu,” kata Hj.Hairiah SHMH.

Wakil Bupati Kabupaten Sambas ini menuturkan Majelis Perempuan Melayu merupakan organisasi seni budaya. Untuk menggerakakna organisasi perempuan ini, maka ia mempersilakan pengurus melakukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Ketapang. Kepengurusan Majelis Perempuan Melayu yang sudah ada selama ini memang sinergis dengan programpemerintah daerah, dan organsiasi yang ada lainnya. Organisasi ini, ruang lingkupnya memang lebih banyak pada pemberdayaan perempuan, sehingga dapat bekerjasama dengan Dinas yang membidangi perempuan, anak dan keluarga berencana. Demikian juga dilakukan MPM Kalbar dengan
pemerintah Propinsi Kalimantan barat.

Kabupaten Ketapang dilihatnya memiliki banyak kesamaan dengan Kabupaten Sambas. Sama-sama dialiri oleh sungai, maupun daerah pantai. Begitu juga jumlah penduduknya cukup tinggi. Karena itu, ia berharap dengan keberadaan MPM Kabupaten Ketapang bisa kerjasama dengan berbagai organisasi, sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM, khususnya SDM perempuan.

”Silakan kerjasama, kita tidak mungkin kerja sendiri, saya juga berpesan khususnya kepada Bapak Bupati Ketapang untuk dapat menganggarkan Perempuan Melayu, Insya Allah dapatdialokasikan pada APBD Perubahan, itu khan bapak Bupati sudah angguk anggukkan kepala, terima kasih ternyata Bapak Bupati Ketapang sangat respon,” ucapnya.

Ia menyebutkan kaum perempuan ada dimana-mana. Karena itu bergeraklah dalam semua bidang terutama, bidang sosial, ekonomi, pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Ketua DPP MPM Kalimantan Barat ini mengutip penegasan Ny.Summa Jenny Heryanti, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat bahwa kepengurusan MPM Ketapang banyak terdiri dari pengurusan, khususnya UMKM.

Kenyataan itu, juga dibuktikannya ketika tiba di kabupaten Ketapang dimana dikatakan amplang Ketapang enak-enak. Luar biasa, UMKM yang ada banyak digerakkan oleh para ibu-ibu. Bahkan, amplang yang didatangi rata-rata juga enak. Bahkan, ia juga datang ke Pantai Pecal, dimana aktivitas ekonomi yang ada juga digerakkan oleh para ibu-ibu.

Selanjutnya, mantan anggota DPD RI ini menuturkan banyak aturan yang dibuat untuk melindungi kaum ibu. Misalnya, UU Penghapusan deskriminasi pada perempuan, UU tentang KDRT, Kekerasan pada anak dan lain sebagainya. Begitu juga dengan ruang politik, ia mengajak perempuan untuk masuk ke lembaga yang dapat mewakili perempuan.

Hj.Hairiah SH MH mencontohkan sosok Hj.Summa Jenny Heryanti SH MH yang merupakan Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalbar. Sosok ini meruapakan salah satu kebanggaan Kalbar, yang diketahui mewakili Dapil Ketapang dan KKU. Sellain itu ia mengajak juga untuk terus mengembangkan perekonomian.

Tidak lupa ia mengingatkan untuk mempertahankan budaya. Misalnya Kabupaten Ketapang yang dikenal dengan syair gulung agar terus dipertahankan, dan diharapkan diangkat sampai ke kancah internasional.

“Mudah-mudahan Ketapang masuk dalam jaringan Kota Pusaka di Indonesia, saya yakin Ketapang bisa masuk dalam jaringan Kota Pusaka yang selama ini konsekwen dalam mempertahankan seni budaya,” pungkasnya. (Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.