Evaluasi PBJ dan DAK Fisik 2018

Sekda Sambas
Sekda Uray Tajudin (ketiga dari kiri) bersama, Asisten Administrasi Umum, Plt Kepala Bappeda dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa saat rapat evaluasi.

KETAPANGNEWS.COM, Sambas—Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Uray Tajudin menggelar pertemuan rapat koordinasi membahas evaluasi penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dan pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan Senin (16/4), di Aula Utama Kantor Bappeda Sambas diikuti dengan agenda sosialisasi peraturan presiden RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

“Saya minta semua SKPD mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas fungsi dan kewenangan masing-masing guna percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Instruksi percepatan PBJ sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan PBJ Pemerintah,” katanya.

Tajudin mengemukakan instruksi percepatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Menurutnya, Kabupaten Sambas mendukung percepatan tersebut dan telah melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan.

“Yakni dengan menerbitkan surat Nomor 900/074/PBJ-B2017 tanggal 29 September 2017 perihal pengisian draft SiRUP 2018 pada Aplikasi SiRUP. Dilanjutkan Surat Nomor 027/094/PBJ-B/2017 tanggal 7 Desember 2017 perihal pengumuman SiRUP 2018 pada Aplikasi SiRUP,” paparnya.

Sekda Sambas mengatakan instruksi Bupati sangat jelas kepada seluruh pimpinan SKPD atau OPD yang diperintahkan segara melakukan percepatan pembangunan dan serapan anggaran tahun 2018. Tegasnya, percepatan PBJ yang bisa segera dilaksanakan.

“Hanya saja percepatan pengadaan itu lanjutnya harus sesuai rencana umum yang telah dibuat dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku sekarang ini. Saya yakin percepatan PBJ di lingkungan Pemda Sambas memberikan pengaruh signifikan terhadap serapan anggaran yang nantinya tergambar pada laporan realisasi fisik dan keuangan rutin,” ungkapnya.

Zulkifli SP, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sambas, menyebutkan pentingnya sosialisasi Peraturan Presiden RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

“Regulasi pengadaan barang dan jasa sekarang ini terdapat perubahan terbaru dengan adanya Perpres Nomor 16 Taun 2018, ini perlu dijelaskan kepada semua komponen yang memiliki kepentingan terutama dilingkungan Pemerintah Kab Sambas,” papar dia.(thor).

Leave a Reply

Your email address will not be published.