Bangkai Penyu Hijau Dewasa Ditemukan di Pulau Sawi

Penyu
Bangkai Penyu Hijau Dewasa Ditemukan di Pulau Sawi Sabtu ( 14/4).

KETAPANGNEWS.COM – Habitat penyu tampaknya sudah mulai tercemar sehingga status penyu hijau terancam karena sering terjadi kematian. Sabtu ( 14/4 ) kemarin rombongan pencinta alam menemukan bangkai penyu yang mati di Pulau Sawi Kecamatan Kendawangan Ketapang.

Rombongan ini menemukan bangkai penyu hijau dipesisir pantai. Lokasi pantai tempat bangkai penyu ditemukan merupakan tempat wisata yaitu Pulau Sawi, Kendawangan Kabupaten Ketapang. Waktu ditemukan bangkai penyu hijau oleh beberapa pemuda, salah satunya bernama Heri Junaidi.

Pemuda yang disapa Heri ini mengatakan, ia bersama rombongan berjumlah 31 orang berniat liburan di pulau sawi bertepatan libur Isra Mi’raj. Kebetulan rombongan ini merupakan anak pecinta alam, yang peduli terhadap lingkungan sehingga mendokumentasikan bangkai penyu hijau tersebut agar dapat diinformasikan karena merupakan satwa yang dilindungi.

“Menurut penduduk yang ada di pulau sawi bangkai penyu itu sudah ada cukup lama, sehingga menimbulkan bau busuk dan dibiarkan begitu saja tanpa ada yang melaporkan, belum diketahui apa penyebab kematian penyu hijau tersebut, ” kata Heri Senin ( 16/4).

Menurutnya, ada dugaan habitat atau perairan mulai tercemar . Tampak sebagian cangkang mulai terlepas dan kerusakan pada bagian kepala, sedangkan bagian lainnya masih utuh.

“Ukuran penyu sekitar 1 meter maka sudah masuk kategori penyu dewasa. Pihak BKSDA semestinya harus segera melakukan tindakan untuk mencari informasi penyebab kematian hewan yang dilindungi undang-undang ini, “ ucap Heri Junaidi.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.