Akibat Ganguan Jiwa, Pertahun 170 Kasus Bunuh Diri

Asisten II Setda Farhan SE M.SI mewakili Bupati Ketapang membuka kegiatan Koordinasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat di hotel Borneo Ketapang
Asisten II Setda Farhan SE M.SI mewakili Bupati Ketapang membuka kegiatan Koordinasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat di salah satu Hotel Ketapang Selasa ( 10/4).

KETAPANGNEWS.COM – Kasus bunuh diri akibat ganguan jiwa mencapai 170 kasus setiap tahunnya. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Ketapang dalam Pertemuan Koordinasi Dan Advokasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Ketapang Selasa (10/4) di salah satu Hotel Ketapang.

Kegiatan yang dibuka secara resmi Asisten II Setda Farhan.SE.M.Si mewakili Bupati Martin Rantan menghadirkan 60 orang peserta terdiri dari 20 orang camat, 24 orang kepala Puskesmas dan lintas sektor terkait seperti Plt Dinas Sosial diwakili Donatus Franseda, AP MM yang juga Asisten I, Dinas Kesehatan diwakili sekretaris Harto,SE,M,Si Kepala Satuan Pol PP Muslimin, SIP.

Ketua TPKJM Ketapang Drg. Basaria Rajagukguk mengatakan, permasalahan kesehatan jiwa sangat besar dan dapat menimbulkan beban kesehatan yang signifikan.

“Kesehatan jiwa adalah bagian yang terintegrasi dalam semua aspek kehidupan baik itu kesehatan, pendidikan, hukum, perlindungan anak dan perempuan, sosial pilitik dan keamanan,” ucapnya.

Menurutnya, gangguan jiwa berterkaitan dengan prilaku yang membahayakan diri seperti bunuh diri. Berdasarkan laporan Mabes Polri pada tahun 2012 di sebutkan Dia bahwa angka bunuh diri sekitar 0,5 persen dari 100. 000 populasi.

“Artinya ada sekitar 170 kasus bunuh diri yang di laporkan dalam satu tahun,” terang dia.

Menurutnya, prioritas untuk kesehatan jiwa mengembangkan upaya kesehatan jiwa berbasis masyarakat atau UKBJM yang ujung tombaknya adalah Puskesmas dan berkerja bersama masyarakat mencegah meningkatnya gangguan jiwa masyarakat.

Dengan kegiatan ini Basaria berharap tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat yang terdiri lintas sektor terkait dipemerintahan Kabupaten Ketapang yang terbentuk sejak 2016 dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang tertuang dalam SK Bupati tentang TPKJM.(Jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.