Dinkes: Januari 2018 Tercatat 56 Orang Terserang DBD

IMG-20180207-WA0001
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, ‎H Rustami SKM Kes.

KETAPANGNEWS.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, ‎H Rustami SKM Kes mungungkapkan, sepanjang bulan Januari 2018, di Ketapang tercatat sebanyak 56 orang terserang penyakit Demam Berdarah Dangue‎ (DPD).

Data tersebut, menurutnya dihimpun dari Puskesmas yang tersebar di 20 Kecamatan. Sementara, untuk yang paling banyak terserang DBD di Kecamatan Delta Pawan dan Benua Kayong.

“Data dari Puskesmas Kedondong ada 15 orang, Puskesmas Sukabangun 10 orang, Puskesmas Mulia Baru 8 orang dan Puskesmas Tuan-Tuan 8 orang,” ungkap Rustami, Rabu (7/8).

Saat ini, Dinkes sedang melakukan upaya pencegahan dini. Lantaran, kata dia, jika tidak dicegah sejak awal di Ketapang terancam Kejadian Luar Biasa (KLB), dikarenakan siklus lima tahun DBD.

“Oleh karenanya kita terus pantau soal DBD ini. Terutama memantau di Kecamatan yang angka DBD nya tinggi. Seperti Delta Pawan dan Benua Kayong,” ujar Rustami.

Untuk upaya pencegahan lain, dikatakan dia, pihanya akan melakukan pendekatan ke masyarakat dan mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan. Serta melakukan fogging jika diperlukan.

“Tinggi atau rendahnya kasus DBD dapat dilihat dari angka bebas jentik pada lingkungan dan rumah. Sebab itu, menjaga lingkungan sangat penting,” imbaunya.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.