Perayaan Natal Oikoumene PGKK

Semangat Natal Tingkatkan Toleransi

Asisten II Farhan SE.M.Si menyampaikan Sambutan Bupati pada perayaan Natal Oikoumene Persatuan Greja Kristen Kabupaten Ketapang (1)
Asisten II Farhan SE.M.Si menyampaikan Sambutan Bupati pada perayaan Natal Oikoumene Persatuan Greja Kristen Kabupaten Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM– Perayaan Natal Oikoumene Persatuan Greja Kristen Kabupaten Ketapang, (PGKK) berlangsung, pada Sabtu,(30/12) di salah satu Hotel Ketapang. perayaan kali ini mengusung sub tema dengan semangat natal kita tingkatkan rasa toleransi dalam masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Ketapang Martin Rantan SH, yang disampaikan Asisten II Setda Ketapang H.Farhan SE.M.Si mengatakan, masyarakat Kabupaten Ketapang adalah masyarakat yang majemuk yang memiliki keberagaman agama,suku etnis dan daerah asal serta budaya dan bahasa lokal.

Untuk itu dikatakan Asisten II tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu kecuali kita membangun kebersamaan saling hormat menghormati serta menghargai perbedaan masing masing.

“ Perbedaan agama dan juga paham keagamaan hrus kita tempatkan sebagai sebuah keyakinan yang harus kita hormati dengan lapang dada,“ kata Farhan.

Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk saling menyakiti menghina menindas dan melakukan kekerasan setiap agama mencintai kedamaian ketenteraman dan hidup berdampingan secara harmonis.

“Agama senantiasa mengajarkan persaudaraan sejati diantara umatamanusia serta kehidupan yang jauh dari sifat sifat buruk, “ terang Dia.

Disampaikan juga setiap agama senantiasa mendorong umatnya untuk saling mengasihi berbudi luhur berakhlak mulia saling mencintai dan penuh tolenransi.

Dalam setiap perayaan natal umat kristiani senantiasa diingatkan akan arti dan makna pengorbanan sebagai bentuk manifestasi cinta manusia kepada Tuhan dan sebaliknya cita Tuhan kepada umat manusia.

Menurut Farhan pesan itu begitu kuat melekat dan terpatri pada setiap hati sanubari umat kristiani, tentu tidak hanya untuk direnungi melainkan selayaknya tercermin dalam prilaku perbuatan sebagai insan yang beriman.

Umat kristiani juga dikatakan Farhan dapat merayakan Natal dengan gembira diberbagai daerah komunitas agama lainnya juga ikut berparttisipasi membantu kelancaran dan kehikmatan perayaaan Natal.

“Itu semua adalah cermin makin dewasanya umat beragama ditanah air kita, “ terang Dia.

Disampaikan Asisten II Bupati berharap suasana aman tentram dan damai dalam perayaan natal ini makin memperkuat kepercayaan kita tentang Bangsa Indonesia yang kuat bersatu rukun dan damai.

Selian itu Bupati mengajak umat kristiani untuk menyebarkan semangat natal karena natal untuk sebuah pembelaan akan nilai nilai universal kemanusiaan serta tentang kebenaran dan keadilan ditengah proses pembangunan yang terus berjalan.

Asisten II Farhan menambahkan bahwa Pemerintah memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas kehidupanberagama ditengah tengah hadirnya tantangan untuk mewujudkan kehidupan antar umat beragam yang rukun dan damai.

“Kita perlu terus meneguhkan semangat yang dimiliki bangsa Indonesia untuk mengolah perbedaaan berdasarkan prinsip Bhineka tunggal ika,“ kata Farhan.(adv/dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.