Minta Sekolah Bantu Pendataan Penerima PIP

Kabid dan Kasi Disdik Ketapang
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Pertama Dinas Pendidikan Ketapang, Uti Royten saat ditemuai diruang kerjanya.

KETAPANGNEWS.COM—Kepala Bidang Pendidikan Menengah Pertama Dinas Pendidikan Ketapang, Uti Royten meminta setiap sekolah, khususnya SMP untuk dapat membantu penambahan Program Indonesia Pintar (PIP), baik melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) maupun non KIP.

“Diharapakan setiap sekolah itu dapat bekerjasama dengan pihak desa, supaya siswa-siswa yang layak untuk dibantu diberi kartu PIP. Terlebih di tahun 2018 kita ada wacana penambahan data penerima PIP di Ketapang,” kata Uti Royten, Sabtu (13/1).

Ia mengungkapkan, dalam PIP, pihaknya lebih pro agar masyarakat bisa terlayani terutama bagi mereka yang benar-benar layak mendapatkan PIP.

Selain itu, terhadap dana PIP, ditegaskan dia tidak boleh ada pemotongan sepeserpun. Lantaran sudah menjadi ketentuan Juknis dan Juklak soal PIP dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kalau ada pihak sekolah melakukan pemotongan, kemudian ada orang tua siswa lapor ke kita, maka akan di follow up dan kita panggil untuk mengetahui lebih jelas permasalahannya,” ungkap mantan Kepala SMP VI Delta Pawan ini.

Diakuinya, hingga sejauh ini belum ada laporan dari orang tua siswa tentang pemotongan PIP oleh pihak sekolah atau siapapun. Bahkan masih tetap berjalan lancar.

“Kalaupun ada yang biasa terdengar di sekolah misalnya sejenis sumbangan tidak mengikat yang dilakukan pihak sekolah kepada pihak ketiga,” tuturnya.

Ia menambahkan, bagi yang sedang dalam proses pencairan PIP, dirinya meminta agar para orang tua menggunakan dana tersebut secara tepat. Jangan sampai digunakan diluar keperluan sekolah anak.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.