Bupati Ketapang Kembali Lantik 61 Pejabat Struktural

Prosesi Pelantikan
58 pejabat struktural dilingkungan Pemkab Ketapang ketika diambil sumpah/janji jabatan oleh Bupati Ketapang, martin Rantan SH, Kamis (4/1).

KETAPANGNEWS.COM—Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji kepada 61 pejabat eselon II, III dan IV dilingkungannya, Kamis (4/1) di Pendopo Bupati Ketapang. Pengambilan sumpah dipimpin langsug oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH.

Dari 58 pejabat struktural yang dilantik, eselon II sebanyak lima orang, eselon III 14 orang dan eselon IV 42 orang. Hadir dalam pelantikan seluruh jajaran Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkofimda) serta Kepala SKPD dan Camat se-Ketapang.

Bupati Ketapang, Martin Rantan SH mengatakan, pelantikan pejabat struktural dilakukan sebagai proses reformasi birokrasi yang harus dijalankan. Termasuk peningkatan kualitas pelayan publik maupun peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintah di Ketapang.

“Terlebih hal demikian juga sejalan dengan misi pertama Pemda Ketapang, yaitu melaksanakan kepemerintahan yang baik,” kata Bupati Ketapang dalam sambutanya.

Martin menjelaskan, pelantikan pejabat struktural dimaksudkan untuk mengisi kekosongan jabatan pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ketapang. Sehingga tugas pemerintah dan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik.

Kemudian, kegiatan pelantikan dan mutasi jabatan disetiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan berorganisasi, terutama dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan. Serta merupakan bagian pola pembinaan karir pegawai, yakni sebagai penyegaran dan peningkatan kinerja.

“Oleh karenanya pelantikan ini hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi. Bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu” jelas Martin.

Dipaparkan dia, pelantikan pejabat struktur juga bukan merupakan keinginannya sebagai Kepala Daerah. Melainkan telah melalui berbagai proses. Misalnya pada pejabat eselon II yang telah mendapat rekomendasi dari KSN, kemudian di Disdukcapil mendapat SK dari Mendagri.

“Artinya ini bukan kemauan Bupati, melainkan sudah melalui proses. Dimana kita mendengarkan masukan dari masyarakat, lalu disampaikan ke Paperjakat. Pada akhirnya barulah di SK kan, Bupati hanya tanda tangan dan melantik saja. Jadi ini merupakan hasil kerja dari seluruh jajaran Pemkab Ketapang,” timpalnya.

Penandatanganan SK
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH menandatangani Berita Acara (BA) pelantikan 58 pejabat struktural, Kamis (4/1).

Lebih lanjut, sesudah pelantikan, dirinya meminta agar seluruh pejabat di Pemkab Ketapang  segera menjalankan amanah hasil lokakarya tentang Sumber Daya Manusia (SDM), yang mana menurutnya belum dijalankan.

“Sebab itu, setelah pelantikan ini akan ada beberapa pergeseran kekmbali pada pejabat  eselon III dan IV, termasuk para staf di setiap instansi maupun pos pelayanan publi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Baperjakat melakukan hasil lokakarya, sehingga pada Januari 2018 bisa dilaksanakan pelantikan kembali,” ungkapnya.

Selain itu,dikatakannya, pasca dilaksanakan pelantikan ada beberapa jabatan lowong atau kosong. Diantaranya Dinas Sosial, Perlindungan Anak, Perumpuan dan Keluarga Berencana serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Atas kekosongan itu, saya tugaskan kembali kepada Sekretariat daerah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk Open Beading dua jabatan kosong tersebut,” katanya.

Terhadap akan akan dilaksanakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA  2018, diharapkannya agar seluruh kepala SKPD segera menyusun PPK, PPTK dan PPHP, sehingga dalam perjalanannya dapat berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan pelantikan hari ini memberikan semangat baru bagi Pemda Ketapang. Setelah ini bagaimana kita menciptakan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang lebih 8000 masih pengangguran,” pungkasnya.

“Satu hal yang paling penting adalah, kita semua menjadi pelayan publik. Sebab itu, membangun Ketapang ini harus satu hati dan tetap bersatu. Tujuannya untuk mencapai Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” tutupnya.(adv/absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.