Tak Penuhi Panggilan Polisi, Kades Cinta Manis Terancam Jadi DPO

IMG-20171201-WA0015
Barang bukti kayu ilegal loging yang diamankan Polres Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM-Kepala Desa (Kades) Cinta Manis, Kecamatan Hulu Sungai terancam masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) jika tidak merespon surat pemanggilan yang dilayangkan Polres Ketapang kepadanya terkait dugaan keterlibatannya dalam kasus penemuan ribuan batang kayu Ilegal Loging di Kecamatan Hulu Sungai beberapa waktu lalu.

Kapolres Ketapang, AKBP Sunario mengatakan, hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan pihaknya kepada lima pekerja yang berhasil diamankan dilokasi penemuan ratusan kubik kayu di Desa Cinta Manis dan daerah Harjon mengaku kalau mereka bekerja sesuai perintah sang kepala desa.

“Lima pekerja dilapangan yang kita jadikan saksi mengatakan kalau Kades Cinta Manis terlibat dalam kasus Ilegal Loging ini,” tegas Kapolres Selasa (5/12).

Kapolres menjelaskan, setelah mendapat keterangan para saksi pihaknya langsung melakukan pencarian terhadap Kades Cinta Manis, namun sesuai keterangan warga setempat kalau sang Kades sedang tidak ada ditempat.

“Kita sudah layangkan surat pemanggilan pertama namun sampai saat ini Kades tidak ada datang,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, nanti pihaknya juga akan melakukan pemanggilan kedua kalau masih tidak diindahkan akan melakukan pemanggilan ketiga dan kalau masih tidak datang maka akan kita lakukan penjemputan paksa.

“Kita lalui prosedurnya sampai kita tetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO-red),” ungkapnya.

Ia mengaku, pihaknya akan mengusut kasus ini bahkan pihaknya juga mengejar siapa saja yang terlibat dalam kasus ini. Untuk itu pihaknya perlu meminta keterangan terduga Kepala Desa Cinta Manis.

“Siapa pemodalnya akan kita telusuri, saat kita tinggal meminta keterangan Kades dari situ kita akan ketahui siapa saja yang terlibat,” pungkasnya.(dra).

Leave a Reply

Your email address will not be published.