Pengerjaan Jalan Nasional Ketapang-Tayap Sudah 90 Persen

NINJJAU-JALAN
Bupati Ketapang Martin Rantan (berkaca mata) saat meninjau pengerjaan proyek jalan nasioanal Ketapang-Tayap belum lama ini.

KETAPANGNEWS.COM – Pengerjaan proyek pembangunan pelebaran dan pengaspalan baru ruas Jalan Nasional Ketapang–Siduk dan Siduk-Kecamatan Nanga Tayap untuk tahun anggaran 2017 sepanjang 13 kilo meter hingga saat ini hampir selesai. Pihak terkait berencana melakukan Provisional Hand Over (PHO) pada akhir bulan Desember ini.

Penghubung Kementrian Pekerjaan Umum di Kabupaten Ketapang, Effendi saat dikonfirmasi wartawan mengatakan mengatakan pengerjaan ruas Jalan Nasional tersebut dengan anggaran sekitar Rp 27 Miliar dimulai pelaksanaannya sejak Januari 2017.

“Sampai saat sudah 90% pembangunannya,” jelasnya Kamis (7/12).

Ia menuturkan, dalam pelaksanaannya pengerjaan jalan dibagi menjadi dua ruas yakni Ketapang-Siduk dengan total panjang 7 Kilo Meter (KM) dan ruas Siduk ke Sungai Kelik, Kecamatan Nanga Tayap yang dilakukan pengaspalan sepanjang 6 KM.

“Total keseluruhannya 13 KM dengan pengerjaan sudah sesuai standar jalan nasional dan sudah dilakukan penilaian mutu kualitas oleh pihak Balai Besar dari Banjar Masin, selain proyek diawasi Tim TP4D Kejaksaan Tinggi,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini pembangunan proyek Jalan Nasional masih dalam tahap pemeliharaan, dan dalam waktu dekat direncanakan akan dilakukan Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima pertama.

“Batas akhir pelaksanaan dan pemeliharaannya Desember 2017 ini, kemungkinan akhir bulan sudah dilakukan PHO,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kalau pengerjaan ruas Jalan Nasional direncanakan terus bersambung tiap tahunnya hingga selesai, untuk itu meskipun tidak ada target kapan waktunya, namun ia berharap Pemerintah Pusat dapat segera mungkin menyambungkan ruas Jalan Trans Kalimantan ke Kota Ketapang.

“Kalau bisa pada tahun 2020 jalan sudah terhubung namun kita juga paham pembangunan tentu bertahap karena anggaran pemerintah pusat juga terbagi,” katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Kalbar, PPK Nanga Tayap-Sei Kelik-Ketapang seluruh pihak terkait lainnya.

“Kepada pak Bupati Ketapang kita ucapkan terimakasih atas suport dan bantuannya mensinergikan pembangunan jalan nasional yang ada di Ketapang, kepada masyarakat di ruas jalan yang dikerjakan kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan proyek jalan nasional ini,” ucapnya. (dra).

Leave a Reply

Your email address will not be published.