Tanamkan Jiwa Kesatria, Agar Kebhinekaan Tetap Terjaga

Ketapang Jadi Titik Singgah Kirab Pemuda Nusantara

 

upacara kirab pemuda (104)-1
Sekda Ketapang tandatangani titik singgah Kirab Pemuda Nusantara 2017, Selasa (10/10).

KETAPANGNEWS.COM–Setelah dari Sampit Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, rombongan Kirab Pemuda Nusantara (KPN) tahun 2017 singgah dan berbagi pengalaman di Ketapang. Upacara serah terima bendera kirab pemuda dari rombongan kepada KNPI Ketapang dilakukan di lapangan sepakbola Tanjungpura, Selasa (10/10).

Bupati Ketapang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Drs H.M.Mansyur M.Si mensyukuri Ketapang menjadi salah satu tempat yang disinggahi. Pemuda yang ikut kirab pemuda nusantara ini merupakan pemuda pilihan.

Kirab pemuda dikatakan Sekda Ketapang dapat memotivasi pemuda untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Semoga Kirab Pemuda akan terus diprogramkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dalam rangka menanamkan jiwa dan gelora kesatria serta Kebhinekaan Pemuda Indonesia, agar kebhinekaan tetap terjaga,” tegas Drs H.M.Mansyur,M.Si.

Sementara Sugeng Haryadi, Dinas Parpora Propinsi Kalimantan Barat mengharapkan para peserta kirab dapat menjaga kesehatan. Rombongan Kirab Pemuda Nusantara (KPN) ini melalui rute dari Pulau Miangas. Kemudian menuju Manado. Dari Manado menuju Tanjung Selor Kalimantan Utara. Selanjutnya ke Tenggarong, Kalimantan Timur dan Banjar Baru Kalimantan Selatan. Seterusnya le Sampit Kalimantan Tengah, dan pada hari Selasa (10 Oktober 2017) berada di Ketapang, Kalimantan Barat.

“Sekarang titik kelima di Kabupaten Ketapang, tentunya menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Ketapang yang ditunjuk sebagai titik singgah di Kalimantan Barat,” tegas Sugeng Haryadi.

Kirab Pemuda Nusantara yang ada di Kabupaten Ketapang ini menjadi pembelajaran bagaimana pengalaman yang dialami para peserta Kirab pemuda dari 34 propinsi. Pada setiap titik singgah dilakukan berbagai kegiatan seperti Kirab Budaya, dialog, pemuda membaca kitab suci, serta bhakti sosial. Hal ini tentunya menjadi pengalaman bagi kita.

“Mohon kita bersama-sama mensukseskan kegiatan ini,” ucap Sugeng Haryadi.

Selanjutnya, Khairil dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyebutkan KPN 2017 merupakan program yang dimunculkan kembali oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Program ini merupakan upaya untuk mengenalkan kepada pemuda tentang nusantara yang sarat kebhinekaan. Kebhinekaan harus dimaknai sebagai anugerah dan harus dikelola secara positif.

Hal ini dianggap penting, karena saat ini ada kecenderungan lunturnya semangat nasionalisme di kalangan pemuda. KPN 2017 yang beranggotakan 72 peserta inti, diberangkatkan pada Senin (25/9) lalu oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Rombongan dibagi menjadi dua zona. Ekspedisi dimulai, Selasa (26/9) sampai 6 Desember 2017.

Semua peserta Kirab Pemuda Nusantara diharapkan bisa memperkenalkan Indonesia lewat pengalamannya melintasi nusantara dalam mempersatukan bangsa. NKRI Harga Mati.(adv/dra).

Leave a Reply

Your email address will not be published.