Ketapang Paling Antusias, Kirab Pemuda Jadi Program Unggulan

malam ramah tamah di pendopo (1)
Dialog penuda di Pendopo Selasa (10/10) malam.

KETAPANGNEWS.COM- Usai penyambutan rombongan Kirab Pemuda Nusantara 2017 dan serah terima bendera Kirab Pemuda di lapangan Tanjungtpura, Selasa (10/10) pagi, dilanjutkan dengan pawai budaya pada sore harinya. Agenda Kirab Pemuda Nusantara selama di Kabupaten Ketapang, berlanjut dengan ramah tamah di pendopo rumah dinas Bupati Ketapang, Selasa (10/10) malam.

Ramah tamah tersebut dihadiri Bupati Ketapang yang diwakili Sekda Ketapang, Drs HM Mansyur MSi, Forkopinda, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Ketapang. Usai ramah tamah bersama tokoh masyarakat, dilanjutkan dengan berbagi pengalaman antara rombongan Kirab Pemuda Nusantara dengan organisasi pemuda di Ketapang.

Dimulai dengan makan malam bersama sambil diiringi hiburan, suasana semakin akrab karena peserta saling berjabat tangan. Ini menunjukkan semua yang hadir dalam  malam ramah tamah adalah satu bangsa, satu tanah air Indonesia.

Bupati Ketapang, yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang , Drs H.M.Mansyur M.Si menyebutkan sebuah kebanggaan bagi kabupaten ketapang menjadi salah satu titik persinggahan Kirab Pemuda tahun 2017. Peserta Kirab pemuda Nusantara yang akan mengelilingi Indonesia dalam 72 hari dan melakukan persinggahan di 100 kota, terbagi pada dua zona yang diikuti seluruh pemuda 34 propinsi yang ada di Republik Indonesia.

“Adanya kirab pemuda ini untuk menyatukan berbagai suku pemuda agama, yang dikenal dengan kemajukan untuk menyatukan bangsa Indonesia, melalui Kirab Pemuda ini mengkuatkan tekad kita bersama bangsa dan tanah air yang satu yaitu Indonesia, NKRI adalah harga mati,” tegas Drs H.M.Mansyur M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang.

Selain itu, Bupati Ketapang yang diwakili Sekda Ketapang menyampaikan permohonan maaf dari masyarakat Kabupaten Ketapang. Dimana, mungkin dalam pelayanan penyambutan dan lain sebagainya ada hal-hal yang kurang berkenan bagi peserta. Walaupun demikian, Sekda Ketapang menyebutkan masyarakat Kabupaten Ketapang merasa bangga dengan hadirnya Kirab Pemuda Nusantara di kabupaten Ketapang.

Selain itu, Sekda Ketapang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang berupaya mensukseskan kegiatan, terutama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang bersama jajaran. Karena dalam waktu singkat dan terbatasnya anggaran, kegiatan tingkat nasional ini bisa di atasi di kabupaten Ketapang.

“Mudah-mudahan peserta kirab pemuda selalu sehat dan selalu mampu menyatukan kemajemukan, semoga sampai ke tempat tujuan dalam kondisi sehat wal afiat,” ucap Drs H.M.Mansyur M.Si.

Sementara itu, H.Khairil Adha M.Si dari kementerian Pemuda dan Olahraga RI mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ketapang, sebagaimana disampaikan Sekda Ketapang. Ia mengakui, dibanding beberapa daerah yang disinggahi penyambutan di Ketapang adalah yang paling antusias. Hal ini sudah disampaikannya ke Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

“Program kirab pemuda adalah program unggulan kementerian,” tegas H.Khairil Adha M.Si dari kementerian Pemuda dan Olahraga RI .

Kirab Pemuda akan terus dimunculkan, dimana Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah mengalokasikan anggaran melalui dana konsentrasi. Karena itulah, diharapkan pemerintah propinsi bisa menunjuk wilayah yang akan disinggahi. Selain itu juga diharapkan pemuda yang terlibat diharapkan lebih banyak lagi.  Lebih  lanjut ia menuturkan sesuai amanat Undang-undang , bahwa pemberdayaan bisa mengatasi pengangguran.

“Bagi adik-adik yang belum terbina atau tersentuh oleh pemberdayaan kabupaten dan propinsi kami mohon maaf, memang dana kami masih sangat terbatas, apalagi di dibeberapa kabupaten organisasi perangkat daerah juga masih baru,”  kata H.Khairil Adha M.Si.

Ia menyebutkan dalam program Kirab pemuda ini dibawa sebanyak 34 pemuda-pemudi dari 34 propinsi. Ditambah dengan dua pimpinan organisasi kepemudaan dan didampingi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Melalui program Kirab pemuda, kita akan merasakan Indonesia sangat luar biasa. Melalui program Kirab pemuda  akan menumbuhkan rasa nasionalisme, apalagi rasa kebangsaan terhadap Tanah Air yang sudah mulai luntur.

“Ketapang adalah Kabupaten yang sangat antusias, dan Pak Menteri sudah kita laporkan, beliau menyatakan sangat minta maaf  tidak bisa hadir din Ketapang,” ujarnya.

Usai dilakukan ramah tamah, dilanjutkan dengan berbagi pengalaman antara rombongan Kirab pemuda dengan organisasi kepemudaan di Kabupaten Ketapang. Dialog berlangsung cukup akrab dan saling membangun.

Selain dialog pemuda, selanjutnya pada Rabu (11/10) dilanjutkan dengan bhakti social di Pantai Air Mati permai. Sebelum bhakti social, senam pagi bersama dilakukan terlebih dahulu di lapangan sepakbola Tanjungpura. Sesuai dengan agenda, penutupan kegiatan dilakukan di Lapangan Tanjungpura Ketapang Rabu (11/10) malam. Dalam penutupan akan diberikan sertifikat penghargaan kepada peserta. Sebelumnya, pada Rabu (11/10) sore , akan dilakukan pembacaan kitab suci enam agama yang ada, lokasi kegiatan juga dilakukkan di Lapangan Tanjungpura Ketapang.(adv/dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.