Disdik Ketapang Antisipasi Beredarnya PCC

Ucup Supriatna-2
Sekretaris Dinas Pendidikan, DR Ucup Supriatna saat diwawancara di ruang kerjanya, Rabu (4/10).

KETAPANGNEWS.COM—Meski di Kabupaten Ketapang belum terdapat peredaran narkoba jenis baru atau Paracetamol Caffeine dan Carisoprodol (PCC), namun berbagai pihak tetap antisipasi. Satu diantara yang melakukan antisipasi adalah Dinas Pendidikan.

Sekretaris Disdik, DR Ucup Supriatna mengatakan, berkaitan dengan maraknya peredaran narkoba jenis baru yang menyasar ke para pelajar, Dinas Pendidikan akan mengeluarkan himbauan melalui surat edaran agar setiap sekolah melakukan sosialisasi.

“Dari pihak kita akan membuat edaran kepada sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi terhadap para siswa dan orang tua, serta pedagang disekitar sekolah. Tujuannya guna mengantisipasi peredaran PCC tersebut,” kata Ucup Supriatna, Rabu (4/10).

Dalam hal ini, menurut Ucup, sekolah harus lebih aktif mendeteksi secara dini, diantaranya melalui pengamatan dan pengawasan. Terutama pada kantin sekolah dan penjual dagangan di seputar lingkungan sekolah. Terlebih kemasan narkoba jenis baru saat ini bermacam-macam.

Selain itu, orang tua juga memiliki peranan, seperti memberi pengertian pada anaknya agar tidak jajan disembarang tempat atau diluar lingkungan sekolah. Namun yang tidak kalah penting adalah adanya andil dari pihak kesehatan.

“Alangkah lebih baik pihak puskesmas juga ada andil. Sebab secara pengetahuan dan kompetensi, kesehatan lebih memahami mana jajanan yang disinyalir mengandung narkoba dan jajanan mana yang dianggap baik untuk kesehatan,” tutupnya.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.