714 Siswa SMAN I Ketapang Ikut Pemilu OSIS

Pemilu Osis
Siswa SMAN I Ketapang saat memasukkan surat suara pemilihan OSIS, Rabu (11/10).

KETAPANGNEW.COM—Sebanyak 714 siswa dan puluhan guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ketapang mengikuti pemilihan umum pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Rabu (11/10). Empat pasangan calon yang telah diseleksi bertarung untuk mendapatkan suara para pemilih.

Pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Ketapang, Ewaldo mengatakan, pemilihan pengurus OSIS seperti pemilu sesungguhnya merupakan pertama kali dilaksanakan.

Ia menyebutkan, MPK sebagai penyelenggara mengakui memang masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya.

“Masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki ke depan. Seperti daftar pemilih belum diketik secara rapi dan persoalan teknis lainnya,” kata Ewaldo.

Menurutnya, penyelenggara pemilu mengundang sekolah lain untuk memantau pelaksanaan. Ewaldo mengungkapkan hanya saja tidak ada perwakilan sekolah-sekolah lain untuk memantau kegiatan ini.

“Ketidakhadiran rekan-rekan sekolah lain sebagai pemantau pemilihan OSIS SMAN 1 Ketapang dimaklumi. Kemungkinan besar banyak sekolah sedang melaksanakan ujian tengah semester,” ungkap Ewaldo.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Ketapang Bidang Kesiswaan, Sy Hudiansyah sangat mengapresiasi pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS yang diselenggarakan siswanya. Dia menyebutkan tentu saja ini pembelajaran bagi peserta didik menghadapi pemilu sesungguhnya.

“Apalagi dalam waktu dekat akan diselenggarakan Pemilu Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 serta Pemilu Serentak Tahun 2019. Sehingga mereka yang menjadi penyelenggara pemilihan OSIS ini tidak akan canggung bila menjadi petugas TPS pada pemilu sesungguhnya,” ungkap dia.

Anggota KPU Ketapang Alkap Pasti menuturkan, penyelenggaraan pemilihan OSIS SMAN 1 Ketapang cukup baik, walaupun terdapat sedikit kekurangan yang bisa diperbaiki pada pemilihan mendatang.

“Azas penyelenggaraan pemilu sudah dilakukan. Apalagi ada petugas penyelenggara menjelaskan tentang sah atau tidak sah surat suara sebelum memasuki tempat pemungutan,” ujarnya.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.