Bupati : Festival Keraton Matan Bukti Eksistensi Budaya Lestari dan dijaga Baik

Festival Keraton
Gusti Kamboja yang bergelar Pangeran Ratu Kartanegara memukul gong disaksikan Bupati Ketapang Martin Rantan saat pembukaan Festival Kraton Matan Selasa (19/9).

KETAPANGNEWS.COM – Bupati Ketapang Martin Rantan SH menyambut baik dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gusti Kamboja yang bergelar Pangeran Ratu Kartanegara beserta elemen masyarakat khususnya keluarga besar Kerajaan Matan Tanjungpura yang setiap tahunya dengan setia menjaga mempertahankan dan melanjutkan sejarah budaya dan nila-‘nilai luhur kerajaan Tanjungpura.

“Ini sebagai bagian yang integeral dan tak terpisahkan dari sejarah dan budaya daerah dan Nasional Bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Ketapang,” kata Bupati saat menghadiri pembukaan Festival Keraton Matan Selasa (19/9).

Ditegaskan Bupati, bahwa Pemkab Ketapang tetap menaruh perhatian kepada pembinaan kebudayaan, terbukti dengan adanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Saya menitipkan pesan Pemerintah untuk mendukung even- even kebudayaan yang ada di daerah ini yang mana kebudayaan tersebut harus kita lestarikan, “ tegas Bupati.

Menurutnya dengan digelarnya festival, Kraton Matan, Kerajaan Matan Tanjungpura telah menunjukkan eksistensi (keberadaan) tradisi kebudayaan tetap dilestarikan dan dijaga dengan baik.

“Kita sangat beruntung di Ketapang ini karena Kraton Kerajaan Matan masih terjaga dengan baik, ini merupakan situs sejarah dan situs budaya yang ada di Kabupaten Ketapang ini,” ujar Bupati.

Bupati berucap, Kraton Matan ini adalah aset daerah oleh sebab itu jika ada bangunan keraton yang sudah mulai rusak koordinasikan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Pemerintah daerah akan membantu,” ucap Bupati.(dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.