Wisata Air Pauh Berimbas Kepada Ekonomi Warga

Saat Libur, Pendapatan Misnah Rp 200 ribu

Air Pauh
Misnah (44) salah satu pedagang minuman dan makanan di wisata air pauh Minggu (20/8).

KETAPANGNEWS.COM, Kayong Utara – Banyaknya obyek wisata di Kabupaten Kayong Utara, seperti Air Pauh di Desa Sutera, Sukadana tentu memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Pasalnya, secara ekonomi, tempat wisata tersebut dapat dijadikan sebagai wadah berjualan untuk kebutuhan pengunjung, seperti makan dan minum. Tentu hal demikian menjadi sumber rezeki bagi warga setempat.

Misnah (44) salah satu pedagang minuman dan makanan mengaku,
dalam sehari, saat libur ia mampu menghasilkan uang Rp 200 ribu dari hasil jualannya.

“Tapi khusus di hari libur, karena banyak pengunjung. Kalau di hari biasa (bukan hari libur-red), pernah hanya dapat lima ribu,” kata Misnah kepada Ketapangnews, Minggu (20/8).

Ia mengaku, terhadap banyaknya pengunjung ke Air Pauh menambah penghasilannya. Terlebih diakui dia, dengan berjualan merupakan salah satu mata pencarian sebelum musim tanam padi.

“Saya biasa berjualan hari minggu saja. Berjualan juga salah satu mata pencarian kalau pas belum musim tanam. Hasil dari jualan, kalau hari libur hasilnya lumayan,” ungkapnya.

Dibalik itu, selaku pedagang kecil, ia mengharapkan agar ada pembangunan-pembangunan fasilitas untuk pengunjung. Serta bagi para pedagang ditempat tersebut.

“Pengenya ada pembangunan fasilitas. Seperti tempat duduk dan berteduh buat pengunjung. Kemudian, bantuan juga untuk kami yang jualan. Sebab disini masih tanah milik warga. Sehingga kalau bisa dikembangkan agar warga dapat meningkatkan ekonominya, ya dengan jualan kaya gini,”. Imbuh Misnah.(karim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.