Suhu di Mekkah Panas, Mencapai 50 Derajat Celsius

istiwa-adham
Kakbah di Kota Mekkah-Net.

KETAPANGNEWS.COM-243 Jamaah Haji asal Kabupaten Ketapang yang melaksanakan ibadah haji ditanah suci hingga saat ini dipastikan dalam kondisi sehat. Namun cuaca di Mekkah sangat panas mencapai suhu 50 derajat Celsius.

Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ketapang, Tengku Indra Kusuma mengatakan, untuk jamaah haji asal Ketapang dalam keadaan sehat wal-afiat.

“Informasi Kamis malam saya dapat dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI-red) Ketapang yang berada di Mekkah,” ungkapnya Jum’at (25/8) .

Menurutnya, memang ada beberapa jamaah yang mengalami sakit akibat penyesuaian terhadap cuaca yang memang jauh lebih panas dibanding di Ketapang. Karena masih penyesuaian sebab informasinya di Mekkah sampai 50 derajat cuacanya.

“Makanya ada yang sakit ringan seperti demam, flu, batuk namun tidak menganggu aktivitas haji jamaah, karena jamaah sudah kita imbau untuk perbanyak minum air putih,” jelasnya.

Ia melanjutkan, selain kendala cuaca, kendala beberapa jamaah haji yang sudah lanjut usia juga sudah diantisipasi pihaknya dengan menyiapkan empat kursi roda sehingga memudahkan untuk beraktivitas.

“Alhamdulillah untuk pelaksanaan awal tawaf umroh dan lainnya sudah selesai saat ini mereka tinggal persiapan untuk menuju Arminah di Arafah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tahun ini kuota jamaah haji di Kabupaten Ketapang mendapatkan tambahan, jika tahun sebelumnya hanya 186 kuota ditambah lantaran jika sebelumnya terjadi pemangkasan kuota jamaah haji sebanyak 20 persen atau sekitar 46 kuota, namun tahun 2017 pemangkasan tersebut dikembalikan.

Selain pengembalian 20 persen pemangkasan, dijelaskannya kalau seluruh Indonesia mendapatkan tambahan 10 ribu kuota haji yang mana, untuk di Kalbar mendapat kuota 187 kuota yang dibagi untuk 14 kabupaten dan Ketapang mendapat 17 kuota.

Ia menuturkan, total kuota haji tahun 2017 untuk Ketapang 249 orang, namun yang berangkat hanya 243 orang, lantaran 1 orang mutasi pindah berangkat melalui daerah lain, 1 orang meninggal dunia dan 4 orang yang menyatakan tidak jadi berangkat pada tahun ini.

“Namun proses pembatalan berangkat 4 orang mepet waktunya sehingga tidak bisa digantikan oleh daftar tunggu lainnya,” ujarnya. (dra).

Leave a Reply

Your email address will not be published.