Ini Penyebab Gas 3 Kg Langka di Ketapang

Tabung Gas-1
Gas Elpiji 3 kg- Net

KETAPANGNEWS.COM– Kelangkaan elpiji 3 Kg di Kabupaten Ketapang hingga kini masih dirasakan masyarakat. Berdasarkan hasil survei Disperindagkop Ketapang pada Kamis (24/8) lalu ke tingkat pangkalan, gas elpiji 3 kg memang tidak ada di pangkalan.

“Kita sudah lakukan survei ke tingkat pangkalan elpiji, hasilnya memang tidak ada,” kata Kepala Disperindagkop melalu Kasi Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan, Tamrin SE, Selasa (29/8).

Guna mengetahui penyebab pasti kelangkaan, dikatakan Tamrin, pihaknya sedang mengumpulkan para pemilik pangkalan, agen dan distributor. Serta memberitahukan ke bagian Perekonomian Setda Ketapang.

“Jadi tinggal bagian Perekonomian lagi menindaklanjuti hasil pertemuan dalam menyikapi kelangkaan elpiji,” timpal Tamrin.

Diakui dia, untuk pengadaan gas, pihaknya tidak memiliki kewenangan. Namun, karena elpiji merupakan kebutuhan pokok dan barang penting, maka kesediannya harus ada.

“Kalau pengadaan gas, kita tidak punya wewenang. Tugas kita hanya pada pengawasan dan pengendalian saja,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan, Agusmadi menambahkan, informasi yang didapat pihaknya, kelangkaan elpiji 3 Kg diakibatkan keterlambatan kapal pengangkut stok elpiji. Sehingga berpengaruh pada penyaluran elpiji.Namun Agusmadi tidak tahu pasti kapan kapal pengangkut gas elpiji tersebut tiba di Ketapang.

“Informasinya akibat keterlambatan kapal pengankut elpiji, sehingga berpengaruh kepada penyalurannya,” jelas Agusmadi.

Menyikapi itu, pihaknya juga sudah melapor ke Bagian Perekonomian Ketapang usai melakukan Sidak kemarin. Terkait tindaklanjut dan langkah apa yang akan diambil, pihaknya juga masih menunggu.

Terkait desas desus kelangkaan elpiji akbat di distibusikan ke daerah perhuluan, menurutnya hanya sekedar isu saja. Sebab, hingga saat ini Disperindagkop belum ada menerima laporan resmi dari masyarakat tentang informasi yang beredar tersebut.

Terlebih, kata dia, untuk melakukan tindakan pihaknya tidak punya kewenangan. Lantaran tugasnya hanya pengendalian dan pengawasan saja.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.