Pendamping PKH Minta Bantuan Dipergunakan Dengan Baik

PKH
Pendamping PKH Mustakar menyerahkan kartu PKH kepada keluarga kurang mampu.

KETAPANGNEWS.COM – Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah sampai keberbagai Daerah di Indonesia. Satu diantaranya di Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang.

Banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah merasakan dampak positifnya di Ketapang. Seperti dikemukakan salah satu pendamping PKH Desa Sukabangun, Mustakar.

Menurut Mustakar, dengan jumlah KPM sebanyak 320 orang dengan latar belakang berbeda-beda, tentu akan meringankan biaya hidup. Terlebih si penerima adalah keluarga terkatagori kurang mampu.

“Banyak yang mendapatkan manfaat dari program PKH ini. Seperti membantu biaya sekolah anak-anak. Kemudian bagi yang memiliki bayi dapat dipergunakan untuk pemenuhan gizi bayi serta dapat dipergunakan menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil.” ungkap Mustakar, Jumat (11/8).

Dalam tugasnya sebagai pendamping PKH, diakui Mustakar, dirinya kerap kali disalahkan masyarakat, terutama bagi yang belum menerima program PKH.

Meski demikian, dirinya selalu berupaya memberikan penjelasan kepada yang bersangkutan. Seperti menjelaskan ditahun 2018 penerima PKH akan ditambah menjadi 20 ribu PKH.

Terhadap program PKH, dirinya berharap agar pemerintah tetap melanjutkan program ini. Karena masyarakat memang merasakan betul manfaatnya.

“Terutama untuk pendidikan dan kesehatan anaknya. Sehingga mereka akan menjadi keluarga produktif dan sejahtera,” ucapnya.

Bagi KPM PKH, ia berpesan agar bantuan tersebut dapat dipergunakan sebagaimana seperti disampaikan oleh Menteri Sosial. Diantaranya untuk biaya sekolah, modal usaha dan biaya kesehatan.

“Gunakan uang yang masuk di dalam buku tabungan dan kartu KKS (ATM) seperlu nya saja, kalau tidak butuh ya di tabung atau dimodalkan untuk usaha rumahan. Sehingga bisa menghasilkan,” pesan Alumni STAI Al Haudl ini.

Ia menambahkan, dengan adanya pemanfaatan dana PKH secara baik dan tepat sasaran, nantinya para KPM akan menjadi keluarga mandiri, produktif dan sejahtera. Sesuai dengan tujuan dari PKH sendiri.(hardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.