12 Calon Anggota Panwas Ketapang dan KKU Uji Kelayakan

Bawaslu
Seluruh peserta yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan berpoto bersama komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar, Selasa (8/8).

KETAPANGNEWS.COM—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menyelenggarakan atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 12 calon anggota Panwaslu Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, Selasa (8/8) hingga Rabu (9/8) di salah satu hotel Ketapang.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah mengatakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota Panwaslu Kabupaten dan Kota merupakan rangkaian akhir dari seleksi. Dimana sebelumnya para calon anggota telah mengikuti tes dari Tim Seleksi (Timsel).

“Test uji kelayakan dan kepatutan merupakan rangkaian akhir test, dimana nantinya akan menghantarakan tiga nama menjadi anggota Panwaskab. Test ini ini juga dilakukan di Kabupaten Kota lain, hanya saja Ketapang dan KKU terakhir pelaksanaannya,”kata Ruhermansyah kepada awak media di Ketapang, Selasa (8/8).

Dijelaskan Ruhermansyah, usai melakukan uji kelayakan dan kepatutan, pihaknya dari Bawaslu akan melakukan musyawarah atau pleno guna menetapkan tiga nama terpilih dari enam orang di setiap masing-masing Kabupaten Kota, termasuk Ketapang dan KKU.

Namun demikian, pria yang akrab disapa Heru ini mengaku, untuk menentukan tiga calon terpilih menurutnya sudah ada indikator berdasarkan pedoman teknis seleksi Panwas. Hal demikian dimulai dari  rekruetmen Timsel hingga uji kelayakan dan kepatutan.

“Semuanya ada parameter atau hal-hal yang diuji bagi setiap calon. Mulai dari kemampuan calon terhadap pengetahuan pemilu, sistem hukum pemilu dan ketentuan perundang-undangan. Kemudian kita nilai juga integritas calon, motivasi mereka, kemampuan manajemen, pengetahuan lokal serta teritorial,” ujar Heru.

Selain, itu pihaknya juga mengklarifikasi masukan atau tanggapan dari masyarakat yang disampaikan melalui website atau media sosial. Diantaranya terkait dengan individu calon, baik dari sisi integritas, kemampuan, keberpihakan serta keterlibatan di Partai Politik.

Terkait pengumuman hasil yang dinyatakan lolos sebagai komisioner Panwaskab, dikatakannya, jika tidak ada halangan akan langsung melaksanakan pleno penetapan 3 calon terpilih. Dimana nantinya akan diumumkan sekitar tanggal 12 atau 13 Agustus mendatang.

“jadi jika tidak ada halangan, dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat pleno penetapan tiga komisioner terpilih secara serentak sekitar 12 atau 13 agustus. Kemudian, jika tidak ada halangan selanjutnya akan dilakukan pelantikan secara serentak juga pada tanggal 21 Agustus mendatang,” terangnya.

Ia berharap, kepada calon anggota Panwaslu terpilih, termasuk Ketapang dan KKU agar dapat menjalankan penyelenggaraan pengawasan dengan baik. Terutama dalam hal kemampuan, kapasitas, integritas, manajerial penyelenggaraan pengawasan, hubungan dengan stake holder.

“Yang tidak kalah penting adalah, harus memiliki sikap penuh tanggung jawab melayani peserta pemilu,” (Absa).

One Response to "12 Calon Anggota Panwas Ketapang dan KKU Uji Kelayakan"

  1. yohanes mulyadi   9 August, 2017 at 10:16 am

    Maaf kalau saya liat seleksi panwaslu terkesan tidak tranfaran, terkait sosok dgn besic para calon trus indokator dan barometer seperti apa penilaian peserta calon enggak jelas..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.