Stand Banco Tampilkan Produk Sejarah

Stand Banco
stand Complek se- Kelurahan Banjar (Banco).

KETAPANGNEWS.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang menyelenggarakan Ketapang Expo 2017 selama delapan hari. Dalam pelaksanaannya, ratusan stand ikut memeriahkan. Satu diantaranya, stand Complek se- Kelurahan Banjar (Banco).

Berbagai stand tentu menampilkan produk unggulan masing-masing, tak terkecuali Banco. Dimana stand tersebut menampilkan produk unggulan berupa sejarah.

Diantaranya peradaban Penggawa haji Abbas dalam membangun pemukiman dan pengawasan alur sungai pawan, kuala dan peraian laut wilayah kekuasaan Kerajaan Tanjungpura yang waktu itu pusat kerajaan di Mulia Kerta. Sedangkan rumah jabatan Penggawa H Abbas di Kampoeng Banjar.

Banco
Stand Banco saat malam hari.

Ketua Stand Banco, Effendi menceritakan, dalam pameran expo ini, pihaknya menampilkan mulai dari miniatur rumah Penggawa H Abbas hingga kepada alat penunjang jabatan beliau. Seperti miniatur perahu skunyer dan barang asli kelengkapan navigasi lainnya seperti lampu navigasi kemudi jangkar.

“Banco juga menampilkan surat tanah menugaskan H Abbas jabatan Penggawe awal dibangunnya kawasan pemukinan baru untuk mengawasi alur transportasi sungai, laut, darat dan kuala,” kata Effendi Jumat (14/7).

Kemudian, kerajaan Matan V juga ditampilkan. Seperti piranti saji produk makan minuman atau kuliner masa lalu khas daerah kampoeng Banjar. Seperti Bingke, jenjorong dan lain lain.

“Ada juga produk anyaman kerajinan kulit ale-ale dan kepah serta perhelatan Melayu seperti hantaran penganten hatamal quran, perlengkapan mandi bunting dan mandi tiga malam,” ujar dia.

Selain itu, ada juga poto-poto awal pemerintahan swapraja matan hingga beberapa kegiatan pemerintahan pembangunan dan kemasyaratan di Ketapang sekarang ini.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.