Pesona Kecubung, Artis Helmalia Putri Sambangi Kolektor Kecubung Hengky Roy

"Saya datang ke Ketapang khusus untuk melihat langsung batu kecubung, apalagi sudah lama kenal sama pak Hengki dan beliau menurut saya ahlinya," ungkap Helmalia Putri Senin (10/7).

Putri 1
Helmalia Putri (kiri) saat melihat koleksi batu kecubung Hengky Roy.

KETAPANGNEWS.COM – Pesona batu kecubung Ketapang yang memiliki kekhasan warna masih tetap memiliki tempat dihati para penggilanya. Salah satunya Artis Indonesia asal Banda Aceh, Helmalia Putri yang rela berkunjung ke kota Ale-Ale ini hanya untuk berburu Kecubung di rumah kolektor Kecubung Hengky Roy.

Artis yang telah membintangi beberapa film dan sinetron ini mengaku datang ke Ketapang khusus untuk mencari batu kecubung khas Kalimantan khususnya Kabupaten Ketapang yang dinilainya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

“Saya datang ke Ketapang khusus untuk melihat langsung batu kecubung, apalagi sudah lama kenal sama pak Hengki dan beliau menurut saya ahlinya,” ungkapnya Senin (10/7).

Jadi daripada dia penasaran Helmalia Putri memutuskan datang ke Ketapang sekalian melihat koleksi batu pak hengki dan mencari batu kecubung yang ia cari.

“Saya sudah lama menyukai batu kecubung.Namun baru dua tahun belakangan ini mempelajari soal batu kecubung,” ucapnya.

Ia mengakui kecubung sangat menarik, warnanya beragam, ada beberapa jenis mulai dari yang antik sampai unik, jadi kalau orang suka batu pasti tahu kekhasan batu kecubung asal Kalbar khususnya Ketapang.

Putri 2
Helmalia Putri melihat koleksi kecubung Hengky Roy.

Dari banyak batu yang dikoleksi, Helmalia Putri menilai batu yang paling khas merupakan batu kecubung Ketapang, sehingga dirinya sengaja datang langsung ke Ketapang, terlebih dirinya sedang berburu batu kecubung bewarna biru laut dari Kalbar yang dinilainya sangat menarik.

“Saya sudah banyak beli kecubung Kalbar, datang ke ketapang khusus meliat batu kecubung biru laut yang memang langka kebetulan saya belum punya dan lagi mencarinya,” ungkapnya.

Ia mengaku, karena kekagumannya terhadap batu kecubung asal Kalbar dirinya bahkan menghabiskan waktu berjam-jam melihat batu kecubung koleksinya. Kadang sebelum tidur ia melihat koleksi kecubungnya.

“Saya suka karena menurut saya batu kecubung merupakan seni yang diciptakan Allah melalui kebesarannya,” ujarnya.

Iapun mengajak, masyarakat Kalbar khususnya Ketapang termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) melalui instansi terkait agar dapat terus melestarikan dan mempromosikan aset Ketapang yang sangat unik dan istimewa tersebut.

“Saya yang dari luar Kalbar menganggap batu Kalbar luar biasa, jadi harus dilestarikan sebab ini aset yang luar biasa dan tidak semua daerah memilikinya bahkan di Kalbar tidak semuanya ada aset batu kecubung, jadi masyarakat maupun pemerintahnya harusnya bisa terus melestarikan dan mempromosikan batu kecubung ini,” pungkasnya (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.