Angkat Sejarah Ketapang, Stand Ini Pertama Dikunjungi Bupati

Stand Expo
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim 1203, saat berpoto bersama di Stand Komunitas Masyarakat Cinta Sejarah dan Kebudayaan Kerajaan Tanjungpura.

KETAPANGNEWS.COM—Komunitas Masyarakat Cinta Sejarah dan Budaya Kerajaan Tanjung Pura merupakan komunitas yang telah bertahun – tahun eksis menyediakan diri untuk mengumpulkan, meneliti, memadukan sekaligus menghasilkan karya di bidang Sejarah dan Budaya Kerajaan Tanjung Pura.

Komunitas yang digagas oleh Agus Kurniawan, Gusti Carma Dwi Husada serta Gusti Pahruji ini sebelumnya belum cukup dikenal di masyarakat luas. Dengan demikian, moment Ketapang Expo yang diselenggarakan Pemerintah Daerah (Pemda) selam delapan hari dimanfaatkan oleh mereka dengan ikut meramaikan membuka stand pengenalan sejarah kota Ketapang.

Koordinator Komunitas Masyarakat Cinta Sejarah dan Budaya Kerajaan Tanjung Pura, Agus Kurniawan, mengaku puas atas keikutsertaan mereka dalam Event Ketapang Expo 2017 yang dilaksanakan oleh Pemda Ketapang.

“Pada dasarnya dalam event ini kami menetapkan dua pencapaian. Pertama Eksebisi yakni mempertunjukkan hasil kajian komunitas di bidang Sejarah Ketapang. Kedua adalah Edukasi pelayanan kepada masyarakat yang ingin lebih banyak tahu tentang sejarah Ketapang yang mereka cintai ini. Melalui Expo ini, keduanya telah tercapai.” Kata Agus Kurniawan, Selasa (18/7).

Pencapaian itu, lanjut Agus dibuktikan dengan ramainya pengunjung ke standnya. Padahal diakui dia, stand pihaknya dibangun seadanya dengan dana swadaya anggota yang terbatas dan bantuan teman – teman yang peduli. Ditambah letaknya diujung kiri sisi depan halaman pendopo.

“Awalnya kami tidak yakin akan mendapat banyak kunjungan lantaran letak yang kurang strategis. Belum lagi keadaan stand sederhana, namun penghargaan yang diberikan oleh Bupati dengan menjadikan stand kami sebagai stand pertama yang dikunjungi saat peresmian, mengubah segalanya.” sambung Gusti Carma.

Dari pantauan awak media, Stand Masyarakat Cinta Sejarah Dan Budaya yang berkerjasama dengan Forum Penulis Kehidupan selalu ramai dikunjungi, bukan hanya untuk melihat-lihat, namun juga aktif bertanya serta berdiskusi dengan para penjaga standnya sembari membeli beberapa buku dan produk lain hasil karya Komunitas.

Tidak hanya masyarakay yang berkunjung, para pejabat seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Yulianus serta Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Simon Petrus juga menyempatkan diri berkunjung ke stand tersebut seraya ikut berdiskusi terkait sejarah Ketapang.

“Melihat antusiasme masyarakat akan kajian sejarah Ketapang, dibuktikan dengan ramainya stand ini, kita berharap Agus Kurniawan dan rekannya bisa lebih banyak menghasilkan karya – karya di bidang Sejarah dan Budaya. Sehingga berefek positif dalam menjaga masyarakat Ketapang yang multikultural dan multietnis ini,” pinta salah satu pendukung komunitas ini, Pitriyadi di lokasi stand.(absa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.