Bangun Silaturrahim Melalui Fardu Kifayah

Kegiatan Dilakukan Secara Rutin

Fardu Kifayah
Suasana kegiatan Fardu Kifayah di Jalan Pulau Seribu, RT 15 RW 05 Gang Bustami Kelurahan Kauman, Minggu (15/1) malam.

KETAPANGNEWS.COM – Masyarakat Kelurahan Kauman, Kecamatan Delta Pawan, Jalan Pulau Seribu menggelar pelatihan Fardu Kifayah. Kegiatan dilaksanakan secara rutinitas setiap minggu malam dari rumah ke rumah.

Selain pelatihan, dalam pelaksanaan acara juga di isi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya yasinan dan tausiyah agama

Fardu Kifayah yang merupakan hukum islam pertama ini dilakukan juga sebagai penguat emosional antar warga dan sebagai ajang silaturrahim.

Namun, yang menarik adalah, setiap kali pertemuan ada budaya patungan. Dari hasil patungan tersebut akan disumbangkan kepada jamaah yang meninggal dunia.

Salah satu jamaah, Oka Mahendra S Pd menilai kegiatan ini sangat positif, terutama sebagai jembatan silaturrahim antar sesama. Terlebih lagi, diisi dengan tausiyah, sudah barang tentu akan menambah ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan agama.

“Sepaling tidak dari pertemuan rutinitas ini dapat menambah ilmu pengetahuan. Karena Fardu Kifayah hukumnya wajib bagi umat muslim,” kata Oka usai mengikuti kegiatan Fardu Kifayah di RT 15 RW 05, gang bustami, Minggu (15/1) malam.

Ia menambahkan, yang tidak kalah penting adalah, dalam pelaksanaan adanya pembelajaran penting yakni musyawarah dan saling tukar pikiran. Kemudian, adanya transfer ilmu menyangkut Fardu Kifayah.

“Untuk menjalin persatuan, meskipun dilingkungan terkecil sudah pasti harus bermusyawarah antara satu dan yang lainnya. Terlebih lagi, musyawarah yang dibangun antara warga sekitar,” timbalnya.

Dari itu semua, dengan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan dirinya optimis warga kelurahan Kauman, khususnya di Jalan Pulau Seribu akan tetap bersatu dan saling peduli antar sesama.(absa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.