HMI: 1000 Harapan Pemuda Ketapang

“Lima point ini kami sampaikan kepada Pemerintah Legislatif dalam bentuk rekomendasi tertulis agar menjadi pertimbangan untu kemajuan Ketapang,” kata Raden

audiensi-hmi
Pengurus HMI Ketapang saat melakukan Audiensi bersama Ketua DPRD, Kamis (10/11) di ruangan rapat DPRD Ketapang.

KETAPANGNEWS.COM—Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ketapang menggelar Audiensi bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (10/11) di ruangan rapat DPRD. Audiensi tersebut mengangkat tema 1000 harapan pemuda Ketapang. Dalam audiensinya HMI menyampaikan mengenai pendidikan, ekonomi, sosila, budaya dan olahraga.

Audiensi yang berlangsung hikmad tersebut, dihadiri Ketua DPRD Budi Mateus, ketua komisi I, ketua komisi II dan ketua komisi III serta beberapa orang anggota DPRD lainnya.

Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Ketapang, RD Rusli Jumadi mengatakan, audensi yang digagas bersama pengurus HMI sebenarnya digelar pada moment sumpah pemuda 28 Oktober kemarin. “Berhubung ada pengunduran jadwal dari ketua DPRD, audiensi baru bisa terlaksana pada hari ini (10/11),” ucapnya.

Terkaiti Audiensi, Raden mengatakan, dilaksanakannya audiensi ini sebagai wujud kepedulian putra-putri Daerah terhadap pembangunan di Ketapang. Dimulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan olah raga.

“Lima point ini kami sampaikan kepada Pemerintah Legislatif dalam bentuk rekomendasi tertulis agar menjadi pertimbangan untu kemajuan Ketapang,” terangnya.

Mengenai pendidikan, Raden menyampaikan agar Pemerintah Daerah (Pemda) sayogyanya berkaca pada Kabupaten Kayong Utara (KKU). Dimana pada pelaksaan pendidikan, peserta didik tidak dipungut biaya sepeserpun. Tidak hanya itu, pemerintah disana juga memfasilitasi Putra-Putri Daerah dikuliahkan gratis.

“Pertanyaan kami apakah pola itu dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Hari ini pemerintah terkesan kurang transfaran akan hal itu,” ketusnya.

Selain itu, ia juga mendorong Pemda  mengawasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sehingga siluman intelektual dan ijazah tanpa kegiatan belajar mengajar tidak lagi terjadi.

Disektor ekonomi, pemerintah juga harus memiliki kebijakan tentang perekonomian, khususnya bagi putra-putri Daerah yang memiliki minat usaha. Sehingga putra-putri Daerah tidak hanya menjadi pekerja di Daerahnya sendiri, tapi sebagai pelaku usaha diberbagai sektor dan mampu mempekerjakan orang lain.

Sementara itu, pada aspek sosial disampaikan Ketua HMI Ketapang, M Dzackie Elmubarak, pihaknya mendorong pemerintah agar lebih pro aktif dalam mengatasi problema sosial, seperti yang baru-baru ini terjadi yakni maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak dan penyalahgunaan narkoba oleh para remaja.

Pada aspek budaya, Dzackie menilai,  saat ini Ketapang menjadi salah satu Kabupaten dengan jejak karir kebudayaan yang tidak bisa diragukan lagi. Fakta ini terbukti dari sisi keunggulan pada event-event perlombaan seni budaya yang selalu unggul. Misalnya, syair gulung, tarian daerah, berbalas pantun serta banyak lagi yang lain.

“Kami meminta pemerintah memperhatikan para putra-putri Daerah yang memiliki bakat. Pemerintah harus memberikan reward kepada mereka yang berprestasi dibidang kebudayaan agar rasa kecintaan mereka terhadap Daerah ini menjadi lebih besar,” ujarnya.

Sementara dibidang Olah Raga, seperti yang kita ketahui bersama, Ketapang memiliki segudang putra Daerah yang sangat mumpuni dibidang olahraga, baik  meliputi fisik maupun non fisik. Hendaknya pemerintah selalu memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbakat dengan cara memfasilitasi mereka dari level Daerah sampai level nasional ataupun internasional.

“Dari keseluruhan yang kami sampaikan. Kami sangat berharap penuh dengan pemerintah daerah agar mampu menyerap apa yang menjadi tuntutan kami dan bersikap secara bijak mengatasi segala permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini,” harapnya.(absa)

2 Responses to "HMI: 1000 Harapan Pemuda Ketapang"

  1. indra   11 November, 2016 at 9:58 am

    lanjutkan

    Reply
  2. Arya_Bima   1 September, 2019 at 7:23 pm

    M dzackie almubarrak jangan lari dari masalah, kader HMI tidak pengecut, tolong selesaikan masalah anda dijakarta

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.